fbpx

Manfaat Puasa

Manfaat puasa memang sangat banyak, baik secara rohaniah maupun jasmaniah. Hal ini sudah dibuktikan oleh berbagai hasil penelitian. Manfaat rohaniah berkaitan dengan hikmah jiwa, sedangkan jasmaniah berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Secara bahasa yang dimaksud dengan puasa adalah menahan diri. Sedangkan secara istilah atau pengertian umum, yang dimaksud puasa adalah menahan diri dari berbagai pembatal puasa.

Saat berpuasa Anda harus menahan diri dari makan dan minum, serta berbagai tindakan pembatal puasa. Waktunya adalah dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa dilakukan selama satu bulan lamanya.

Selain manfaat puasa yang banyak, momen ini sangat sakral bagi umat muslim. Sebab, pada bulan puasa Anda dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut amal ibadah dilipatgandakan.

Seperti kata pepatah bahwa tidak ada ibadah yang sia-sia, begitu juga saat berpuasa. Sebab Anda tidak hanya memperoleh lapar dan haus saja, tapi berbagai manfaat untuk jiwa dan kesehatan tubuh. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Puasa Berdasarkan Hikmah dalam Agama Islam

Sebelum membahasa mengenai manfaatnya untuk kesehatan, kami akan memaparkan hikmahnya terlebih dahulu. Manfaat berdasarkan hikmah lebih kepada ketenangan dan pengendalian jiwa.

Atau termasuk ke dalam manfaat berpuasa secara rohaniah. Sehingga, diharapkan setelah melakukan ibadah puasa Anda menjadi manusia yang lebih baik lagi. Untuk manfaat yang lebih detailnya, simak berikut ini:

  1. Manfaat puasa dapat melatih diri Anda dalam melawan hawa nafsu. Sebab untuk menjaga ibadah ini agar tidak batal, tentunya bukan hal yang mudah. Melainkan Anda harus melawan dan menahan hawa nafsu.
  2. Manfaat berikutnya adalah untuk mengajarkan bagaimana hidup sederhana. Anda jadi lebih memahami bagaimana orang lain di luar sana yang seharian kesulitan untuk mendapatkan makan.
  3. Melatih diri untuk tetap istiqomah dalam beribadah. Manfaat puasa berikutnya adalah wajib selama satu bulan, Anda akan dilatih untuk terus istiqomah dalam melakukannya hingga hari terakhir.
  4. Memperoleh kenikmatan yang bisa dirasakan oleh jiwa sebagai umat Nabi Sahallallahu alaihi wa sallam. Seorang muslim tidak akan mendapatkan nikmat ini jika tidak pernah menjalankan ibadah puasa.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Selain manfaat untuk aspek rohaniah, Anda juga akan mendapatkan manfaat dari aspek jasmaniah. Atau, lebih kepada kesehatan tubuh anda. Untuk hal ini sudah banyak sekali penelitian yang membuktikan. Berikut ini adalah manfaatnya:

  1. Meningkatkan Metabolisme

Saat melakukan puasa, sistem pencernaan akan beristirahat. Sehingga metabolisme akan berjalan lebih optimal dan pembakaran kalori lebih efisien.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat puasa yang tidak kalah menarik adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Sebab, saat berpuasa suplai makanan menuju otak sangat terbatas. Sehingga, otak akan menggunakan sumber energi berupa asam lemak dari hati. Penggunaan asam lemak ini akan memberi manfaat berupa regenerasi sel otak. Dampaknya adalah fungsi otak akan meningkat.

  • Mendetoks Tubuh

Saat berpuasa organ-organ tubuh akan beristirahat. Hal ini akan mempermudah proses detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh secara optima. Sehingga, tubuh lebih sehat.

  • Mengontrol Gula Darah

Manfaat puasa berikutnya adalah gula darah Anda jadi semakin terkontrol. Sebab, saat puasa tubuh akan kekurangan cadangan glukosa. Sehingga, gula darah menjadi lebih stabil dan mencegah dari lonjakan drastis.

  • Menurunkan Berat Badan

Berpuasa merupakan cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Sebab, asupan kalori dalam tubuh berkurang dan proses metabolisme berjalan dengan maksimal.

Sehingga, Anda bisa menurunkan berat badan dengan efektif. Selain itu, dengan berpuasa Anda juga bisa terhindar dari obesitas dan bisa mempertahankan bentuk tubuh ideal.

Berpuasa merupakan kegiatan yang penuh dengan manfaat. Selain manfaat berupa hikmah, Anda juga akan memperoleh manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini seperti pembahasan manfaat puasa di atas.

Share
Share on google
Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter

Read Similar Blogs

Sensi Hadir di Kota Kasablanka Mall

Dapatkan promo menarik untuk semua produk Sensi di Kota Kasablanka Mall pada tanggal 27 Februari – 12 Maret 2023. Jangan sampai lewatkan kesempatan menarik ini ya.

Sensi Hadir di Trans Studio Mall Bandung

Dapatkan promo menarik untuk semua produk Sensi di Trans Studio Mall Bandung pada tanggal 13-26 Februari 2023. Jangan sampai lewatkan kesempatan menarik ini ya. Ayo ambil

Sensi Hadir di Emporium Plaza Mall

Dapatkan promo menarik untuk semua produk Sensi di Emporium Plaza Mall pada tanggal 13-26 Februari 2023. Jangan sampai lewatkan kesempatan menarik ini ya. Ayo ambil kesempatan